in

Viral Pedagang Cuanki Ludahi Mangkuk, Ini Bahayanya dan Cara agar Aman

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang penjual bakso cuanki (cari uang jalan kaki) meludahi mangkuk bakso.

Kejadian tersebut terjadi di Kembangan, Jakarta Barat, pada Senin (22/6/2020). Setelah video itu viral, WS (21) pun ditangkap oleh Polsek Kembangan guna dimintai keterangan lebih lanjut.

WS ketahuan oleh salah satu warga yang memesan bakso untuk anak balitanya. Dia melihat kejadian tersebut dari monitor CCTV-nya. Akan tetapi, dilansir Kompas.com (27/6/2020), WS telah dibebaskan.

Seberapa bahayakah meludahi mangkuk makanan yang digunakan oleh penjual makanan keliling?

Penjelasan ahli gizi Ahli gizi DR. dr. Tan Shot Yen, M.Hum menjelaskan tindakan yang dilakukan penjual bakso tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

“Semua bakteri, virus, dan jamur yang bisa hidup dalam percikan ludah manusia sangat berpotensi menularkan penyakitnya,” kata Tan kepada Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Lanjutnya, prinsipnya semua bakteri dalam percikan air liur manusia sangat berpotensial menular.

Dia menjelaskan semua yang materi infeksiusnya terkandung dalam percikan ludah seperti mulai dari Covid-19, TBC, pneumonia, difteri, influensa, meningitis, mikoplasma (jamur), rubella, mumps (gondongan/parotitis), campak hingga cacar air bisa ditularkan.

Dia juga menjelaskan, mangkuk dan kuah tidak sampai 100 derajat suhunya. Sehingga tidak bisa membunuh kuman atau virusnya.

“Lagian soal panas, kan itu rasa subyektif. Suam-suam kuku itu di atas 37 derajat celcius, kita bilang panas itu 40 derajat celcius ke atas, kumannya belum mati,” kata dia.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Viral, Netizen Temukan Sampah Makanan Indonesia di Jalanan Jepang

Viral Foto Seprai Gambar Telur Ceplok, Warganet Lapar Berjemaah