in , ,

Trik Raup Cuan Pakai BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta

Trik Raup Cuan Pakai BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta

Pemerintah tengah menjalankan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Tujuannya, untuk mengurangi beban ekonomi kalangan pekerja menengah di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

Melalui program ini, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp2,4 juta kepada penerima dalam dua tahap, masing-masing Rp1,2 juta per pencairan. Apabila memenuhi kriteria, bantuan ini bisa langsung masuk rekening penerima.

Baca juga : Terungkap Penyebab BLT Gelombang 2 Belum Ditransfer ke BRI BNI BCA & Mandiri, Perhatikan Rekeningmu

Jika dilihat dari pagunya, nominal Rp2,4 juta mungkin tidak terlalu besar bagi pekerja bergaji Rp5 juta, karena belum mencapai setengahnya. Jumlahnya pun tak sebanding dengan ‘bonus’ dari perusahaan yang biasanya sebesar satu kali gaji.

Lihat juga:BLT Subsidi Gaji untuk 2,71 Juta Pekerja Cair Hari Ini
Tapi, kalau dibilang sedikit, mungkin tidak juga. Pasalnya, dana Rp2,4 juta sebenarnya tetap bisa dimaksimalkan bila tepat mengelolanya.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho membagi kiat untuk memaksimalkan penggunaan dana tersebut.

Menurutnya, prinsip penggunaan dana ini sebenarnya sama dengan gaji bulanan, meski datangnya secara tiba-tiba dan hanya sekali saja, sehingga tidak seperti gaji bulanan.

“Artinya bukan berarti karena ini bonus yang sekali datang, jadi dipakainya untuk foya-foya, untuk ‘jajan’ saja, dan lainnya. Jadi tetap harus bijak membelanjakan dan mengelolanya,” ujar Andi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/11).

Maka dari itu, buatlah prioritas penggunaan dana berdasarkan jenis kebutuhan. Mulai dari yang mendesak dan wajib hingga yang tidak terlalu penting. Berikut urutannya:

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Cair Hari Ini, 2,18 Juta Pekerja Bakal Dapat BLT

Cair Hari Ini, 2,18 Juta Pekerja Bakal Dapat BLT

LOGIN KEMNAKER.GO.ID BSU Karyawan Tahap 5 Cair Rp1,2 Juta & Alasan Mengapa BLT Karyawan Tidak Cair

LOGIN KEMNAKER.GO.ID BSU Karyawan Tahap 5 Cair Rp1,2 Juta & Alasan Mengapa BLT Karyawan Tidak Cair