in

Terapi Akupuntur Dan Manfaatnya – Inilah penjelasannya

Terapi akupuntur merupakan jenis penyembuhan yang dilakukan dengan cara alternatif  lewat media unik yaitu jarum yang ditusukkan pada titik titik akupuntur kulit tubuh manusia. Berbagai metode penyembuhan alternatif yang banyak beredar saat ini seperti akupuntur, sebetulnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Akupuntur ialah suatu metode penyembuhan yang berasal dari daratan Cina, yang kemudian ditemukan dan dikembangkan dengan pengamatan yang dilakukan sejak ribuan tahun dan didadari oleh fenomena keseimbangan dalam tubuh manusia terhadap masalah kesehatan.

Saat ini mudah kita temui klinik-klinik akupuntur yang merupakan adaptasi akupuntur yang telah dilakukan sejak lama dan memberikan manfaat akupuntur yang efektif mengobati masalah kesehatan.

Akupuntur

Akupuntur  dalam Bahasa Mandarin standar, yang secara arti harfiah ialah jarum (moxibustion), merupakan teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam “titik akupunktur” tubuh. Jika dilihat dari ajaran ilmu akupunktur ini, berarti akan memulihkan kesehatan dan kebugaran yang secara khusus, sangat bagus buat mengobati rasa sakit.

Kemudian definisi serta pengembangan karakter titik-titik akupuntur ini, dilakukan standarisasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Akupunktur berasal dari Tiongkok (Cina), yang pada biasanya dikaitkan dengan penyembuhan tradisional dari Tiongkok. Terapi akupunktur dalam penyembuhannya, memanfaatkan rangsangan pada titik akupunktur buat mempengaruhi aliran bioenergy tubuh yang berdasarkan pada filosofi keseimbangan hubungan antara permukaan tubuh dan organ lewat sistem meridian yang spesifik.

Manfaat akupunktur, dapat dirasakan dengan melakukan berbagai macam akupuntur seperti berikut :

  • Pijat / tekanan ujung jari (Acupresure)
  • Tusukkan jarum (Akupunktur)
  • Menyuntikan cairan (Aquapunktur)
  • Sinar Laser (Laserpunktur)
  • Ultra Sound (Sonopunktur)
  • Terapi implant

Manfaat Akupuntur

1. Angina

Gejala penyakit jantung yaitu Angina ini ditandai dengan rasa nyeri pada daerah sekitar dada. Dalam sebuah studi menunjukkan angina bisa disembuhkan dengan memanfaatkan sepasang jarum yang dihubungkan dengan baterai (elektro akupuntur). Hal tersebut akan menciptakan rangsangan listrik yang membantu pasien dengan angina.

2. CTS (Carpal Tunnel Syndrome) 

Pada pasien dengan CTS  mengalami nyeri pada tangan dan jari seperti penyakit kesemutan yang banyak dikarenakan oleh berbagai hal seperti sering mengangkat benda berat, atau pergelangan tangan tertekan akibat terlalu banyak menggunakan keyboard atau mouse.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Terapi Air Putih – Inilah penjelasannya

Ningsih Tinampi Buka Pengobatan Massal Virus Corona