in

Tanda-Tanda Menopause dan Andropause – Inilah penjelasannya

Menopause ialah salah satu dari sekian banyak hal yang amat ditakuti dan dihindari oleh setiap perempuan selain kulit yang menjadi keriput, juga masih ada beberapa gangguan kesehatan lainnya. Karena apajika perempuan sudah mengalami menopause maka itu berarti tubuh mereka sudah tidak subur lagi dan itu menandakan bahwa mereka sudah menginjak usia lanjut usia. Sebaiknya anda yang sudah menginjak usia 40 secepatnya memulai cara ampuh mengatasi kulit keriput dan mempraktikkan cara ampuh mencegah penuaan dini, salah satunya dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat.

Menopause sendiri pada biasanya akan terjadi saat perempuan sudah berumur 50 tahun walau tidak jarang ada beberapa perempuan yang sudah mengalami menopause saat usia baru menginjak 40 tahun. Sebagai perempuan harus paham betul mengenai menopause dan tanda-tanda menopause karena apajika seorang perempuan sudah mengalami menopause maka tubuh akan jauh lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan sakit jantung. Oleh karena itu bagi perempuan yang sudah mengalami tanda-tanda menopause tidak ada salahnya buat mulai mencegah diabetes lewat kegiatan olah raga dan cermati betul gejala penyakit jantung serta ciri-ciri penyakit jantung agar jika benar anda memiliki penyakit tersebut dapat segera diobati.

Banyak sekali tanda-tanda menopause yang dapat menandakan bahwa anda sudah mengalami menopause, tanda-tanda menopause itu dapat berupa seperti menstruasi yang jadwanyal tidak teratur dan menstruasi sifatnya menjadi tidak normal karena bisa lebih sedikit/lebih banyak.

Tanda-Tanda Menopause

Selain menstruasi yang jadwalnya tidak teratur dan bersifat tidak normal masih banyak lagi tanda-tanda menopause lainnya yang harus diketahui oleh perempuan. Karena dengan mengetahui betul secara rinci tanda-tanda menopause sebagai salah satu langkah buat menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit yang akan menyerang saat tubuh sudah mengalami menopause.

Berikut ialah tanda-tanda menopause yang terjadi pada tubuh perempuan :

  • Adanya hot flasesh pada tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi hangat atau panas dan biasanya pada malam hari disertai oleh keringat yang megalir dengan deras. Hal ini dikarenakan oleh berkurangnya produksi hormon estrogen pada tubuh perempuan.
  • Salah satu tanda-tanda menopause yaitu produksi hormon estrogen pada perempuan akan berkurang yang nantinya akan mengakibatkan alat reproduksi perempuan menjadi kering. Dengan keadaan vagina yang tidak lagi lembab akan menimbulkan rasa gatal serta kegiatan seks menjadi tidak nyaman. Selain ke-2 hal tersebut, vagina pun akan jauh lebih rentan terhadap infeksi seperti keputihan. Apajika mengalami keputihan, anda dapat mencoba cara mengatasi keputihan sebagai solusi atas masalah tersebut.
  • Wanita yang mengalami menopause juga dapat diketahui dengan tanda-tanda seperti suasana hatinya yang sering sekali berubah-ubah. Apajika perempuan  tersebut tidak bisa mengontrol suasana hatinya lama kelamaan akan terjadi gangguan psikologis seperti gangguan bipolar serta perubahan suasana hati yang sifatnya kronis.
  • Tanda-tanda menopause yang begitu terlihat efeknya dalam kegiatan sehari-hari ialah penurunan stamina. Dengan menurunnya stamina maka produktivitas kerja perempuan tersebut akan terganggu. Oleh karena itu disarankan buat rutinmengkonsumsi madu karena salah satu khasiat madu ialah buat meningkatkan stamina dalam tubuh.
  • Wanita yang mengalami menopause pada biasanya mengalami kerontokan rambut, hal ini dikarenakan oleh karena produksi hormon estrogen berkurang. Kerontokan rambut pun tidak dipungkiri juga dapat terjadi kepada rambut kemaluan. Anda dapat mengatasi rambut rontok dengan perawatan rambut rontok alami seperti menggunakan lidah buaya.
  • Tanda-tanda menopause lainnya yang cukup mengganggu perempuan ialah mengalami insomnia. Penyebab insomnia tidak lain dan tidak bukan karena saat tidur perempuan tersebut terus berkeringat sehingga menjadikan tubuh tidak nyaman buat beristirahat.
  • Wanita yang mengalami menopause biasanya mudah buat depresi dan stress, maka dari itu disarankan buat belajar menenangkan hati dan pikiran agar dapat tetap berpikiran dan melakukan kegiatan yang bersifat positif.

Tanda-Tanda Andropause

Tidak hanya perempuan yang dapat mengalami menopause walau kaum pria juga dapat mengalami hal ini. Tanda menopause pada pria biasa dikenal dengan nama andropause, tanda-tanda andropause pada pria yaitu :

  • Menurunnya libido atau hasrat buat melakukan kegiatan seksual
  • Disfungsi ereksi
  • Mengalami susah tidur secara kronis, bagi yang mengalami hal ini dapat mengatasi susah tidur kronis dengan olahraga secara teratur
  • Mudah merasakan kelelahan pada tubuh
  • Sering tidak percaya atau curiga pada orang lain, termasuk pada pasangan
  • Sering mengalami sakit kepala, solusi yang tepat ialah dengan mengkonsumsi obat sakit kepala alami dan tradisional
  • Berat badan naik
  • Nyeri punggung
  • Keringat berlebih

Solusi atas andropause pada pria ialah mengaplikasikan menu diet sehat serta cara hidup sehat alami. Karena dengan mengkonsumsi sayuran dan buah secara rutin tentunya dapat memberikan asupan nutrisi serta vitamin dalam tubuh. Pola hidup sehat ini tentunya harus diimbangi dengan olahraga yang cukup.


Sekarang kamu sudah berada diakhir postingan “Tanda-Tanda Menopause dan Andropause”, Blog orang PINTAR mengucapkan terimakasih karena sudah membaca sampai selesai, Kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yaitu Tanda Tanda Kehamilan Awal.

Rekomendasi

Tanda Tanda Kehamilan Awal – Inilah penjelasannya

Terapi Air Putih – Inilah penjelasannya