in

Tanaman Obat Keluarga dan Fungsinya (TOGA) – Inilah penjelasannya

Tanaman obat keluarga atau yang biasa dikenal dengan nama TOGA jelas berbeda dengan tum*uhan transgenik karena TOGA ialah sebuah jenis tum*uhan hasil budidaya rumahan yang dapat digunakan buat obat. Dengan adanya budidaya tum*uhan obat keluarga dipercaya mampu memacu usaha menengah obat-obatan herbal dan dapat membudidayakan tum*uhan obat secara mandiri.

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman Obat Keluarga hingga kini masih diakui akan keberadaan dan khasiatnya di masyarakat luas, hal ini terjadi tidak lepas dari usaha Pemerintah yang terus membina dan mengembangkannya karena pemerintah menilai tum*uhan obat keluarga selain berguna buat menyembuhkan penyakit juga dapat digunakan buat menjaga kesehatan.

Berikut ialah contoh-contoh tum*uhan obat keluarga yang dapat kalian manfaatkan buat menyebuhkan penyakit serta menjaga kesehatan tubuh :

Kunyit

Kunyit ialah tum*uhan obat keluarga yang berbentuk semak dan memiliki sifat perenial yang tersebar di seluruh daerah tropis. Asal tumbuhan kunyit masih simpang siur hingga kini, karena ada yang mengatakan kunyit berasal dari Binar walau ada juga yang berpendapat bahwa kunyit berasal dari India. Terlepas dari itu, di daerah Jawa kunyit banyak digunakan buat ramuan yang dapat berkhasiat menyejukkan dan mengatasi alergi gatal dan mengatasi keputihan yang berlebihan. Manfaat kunyit juga dapat sebagai bahan baku jamu dan kosmetik, bumbu masak tips rawon daging khas Surabaya, serta merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi agar jantung sehat.

Jahe

Jahe ialah tum*uhan obat keluarga yang mengandung antioksidan, oleh sebab itu tum*uhan ini dianggap dapat berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan seperti dimanfaatkan buat mengatasi rambut rontok. Manfaat jahe yang sudah dikenal banyak masyarakat ialah buat mengobati masuk angin.

Cengkeh

Cengkeh ialah tum*uhan obat keluarga yang dapat digunakan buat bahan penyedap makanan dan obat. Contohnya, di Cina tum*uhan cengkeh digunakan oleh masyarakatnya buat mengatasi bau mulut dan hal ini sudah dilakukan masyarakat di sana sejak 2000 tahun yang lal. Terbukti dari Kaisar yang selalu berkata kepada rakyatnya apajika seseorang ingin menemui dia alangkah bijaknya buat mengunyah cengkeh agar saat berbicara akan tercium bau harum dari mulut.

Selain dapat menghilangkan bau mulut, cengkeh berguna buat menjaga kesehatan gigi dan membersihkan karang gigi secara alami karena cengkeh sendiri mengandung senyawa yang membantu sirkulasi peredaraan darah. Tanaman obat keluarga ini juga dapat digunakan buat mengatas mual, muntah-muntah, serta gangguan pencernaan.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Tanaman Buah Alpukat, Sejarah dan Jenis Alpukat – Inilah penjelasannya

Tanda Tanda Kehamilan Awal – Inilah penjelasannya