in

Syarat Donor Darah Menurut PMI – Inilah penjelasannya

Sebelum anda ingin melakukan donor darah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu syarat donor darah yang sudah ditetapkan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) karena ada banyak keadaan dan keadaan seseorang yang tidak diperkenankan melakukan donor darah demi menghindari penularan berbagai virus penyakit paling berbahaya di dunia, salah satu contohnya HIV AIDS.

Syarat Donor Darah

Berikut ini akan diterangkan syarat donor darah secara teknis :

1. Calon pendonor darah harus berumur 17-60 tahun. Untuk yang masih berumur 17 tahun dapat melakukan donor darah dengan membawa izin tertulis dari orang tua.

2. Memiliki berat badan minimal 45 kg

3. Temperatur tubuh berkisar 36.6-37.5 celccius karena temperatur tubuh yang normal menandakan sistem peredaran darah pendonor berjalan dengan normal

4. Persyaratan donor darah yang tak kalah pentingnya yaitu tekanan darah calon pendonor dalam keadaan baik yaitu 110-160 mmHg dan diastole 70-100 mmHg

5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali per menit

6. Hemoglobin yang berperan dalam pembentukan dan fungsi sel merah baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram

7. Calon pendonor maksimal mendonorkan darah setiap tahunnya sebanyak 5 kali dengan jarak penyumbangan minimal 3 bulan.

Syarat Donor Darah Menurut PMI

Selain memperhatikan keadaan kesehatan calon pendonor, pihak PMI pun akan meneliti lebih lanjut riwayat penyakit dan gaya hidup calon pendonor tersebut karena hal ini sudah menjadi syarat donor darah yang sifatnya wajib buat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ialah larangan buat seseorang melakukan pendonor darah, jika :

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia – Inilah penjelasannya

Tahapan Dan Proses Melahirkan – Inilah penjelasannya