in

Sistem Kekebalan Tubuh Manusia (Sistem Imun) – Inilah penjelasannya

Sistem imun atau sering disebut dengan sistem kekebalan tubuh manusia ialah sebuah bentuk pertahanan tubuh dari berbagai hal yang membahayakan kesehatan tubuh. Hal ini menunjuk pada segala zat-zat kimia yang jika berada pada tubuh dapat berakibat pada fungsi tubuh tersebut menjadi melemah.

Tubuh kita melakukan banyak hal dalam beraktivitas sehari-hari, walau tidak semua hal tersebut memberikan hal yang baik buat tubuh kita, contohnya saat harus menghirup polusi udara. Udara kotor yang telah masuk dalam sistem pernafasan manusia dapat menimbulkan racun dalam tubuh. Nah dari sinilah peranan sistem kekebalan tubuh manusia bekerja. Selengkapnya pada ulasan berikut.

Sistem Imun Manusia

Sistem kekebalan tubuh atau dalam dunia kedokteran disebut dengan sistem imun yang merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari sistem kekebalan tubuh manusia yaitu imunologi. Pertahanan kekebalan tubuh manusia secara sempurna akan mencegah berbagai macam organ termasuk saluran nafas dari berbagai macam infeksi.

Pengertian sistem imun merupakan sebuah perlindungan dari pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme. Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap zat asing lain dalam tubuh. Jika sebaliknya, kemampuannya melindungi tubuh akan berkurang, yang mengakibatkan patogen, demam dan flu dan dapat tumbuh dalam tubuh. Sistem kekebalan juga memberikan pengawasan terhadap peningkatan sel terhadap tanda-tanda tumor atau kanker.

Dalam tubuh manusia, sistem imunitas tubuh dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • 1. Kekebalan tubuh tidak spesifik atau Non Adaptif

    Mengapa disebut non spesifik karena sistem kekebalan tubuh ini ditujukan dengan mencegah masuknya macam-macam zat asing dari luar tubuh yang dapat menimbulkan kerusakan seperti berbagai macam penyakit virus penyakit berbahaya, parasit, bakteri atau zat-zat berbahaya lain. Misalnya pada kulit terluka, gangguan keasaman lambung, gangguan gerakan usus atau gangguan proses penelanan bakteri oleh fungsi sel darah putih. Contohnya :

    • Pertahanan Fisik atau Mekanis
    • Pertahanan Biokimia
    • Pertahanan Humoral
    • Pertahanan Selular
  • 2. Kekebalan tubuh spesifik atau Adaptif

    Ketika bakteri atau zat asing masuk dan tidak dapat dicegah oleh sistem imun tubuh tidak spesifik di atas, maka akan dibutuhkan sistem kekebalan tubuh dengan tingkat ketahanan yang lebih tinggi atau secara spesifik mencegah masuknya zat asing yang lolos dari pertahanan tubuh sebelumnya (sistem umum tidak spesifik). Contohnya :

    • Sistem Imun Spesifik Humoral
    • Sistem Imun Spesifik Selular

Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Imun Manusia

Pada keadaan tertentu, kemampuan sistem kekebalan tubuh setiap orang tidaklah sama karena dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi sistem imun manusia yaitu :

  • Mengalami Infeksi – Ketika seseorang mengalami infeksi yang berat sistem kekebalan tubuh manusia akan mengalami gangguan, sehingga dapat terjadi komplikasi infeksi lain.
  • Penyakit ganas – Penyakit kanker termasuk penyakit ganas yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga, sel kanker tersebut mudah membuat komplikasi infeksi seperti gejala kanker serviks, leukimia dan kanker lainnya.
  • Penggunaan obat-obatan – Pada beberapa jenis obat-obatan dalam pemakaiannya dapat menekan sistem kekebalan tubuh manusia, contohnya pada kostikosteroid, obat anti kanker dan lain-lain.
  • Gangguan gizi – Kekurangan gizi baik itu pada fungsi protein, vitamin dan mineral akan mempengaruhi kekebalan tubuh karena zat-zat tersebut sangat diperlukan pada pembentukan sistem kekebalan tubuh. Protein contohnya, ialah zat pembentuk imunoglobulin, komplemen serta sel-sel kekebalan tubuh dan lain-lain.
  • Usia – Bayi akan lebih rentan terserang penyakit dari pada orang dewasa, hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna dibentuk saat perkembangan bayi tahap awal. Kemudian pada para lansia sistem kekebalan tubuh yang dihasilkan oleh hormon akan semakin berkurang, sehingga membuatnya lebih mudah terserang penyakit.

Rekomendasi

Resep Makanan Bayi Sehat Sesuai Umur – Inilah penjelasannya

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia – Inilah penjelasannya