in

Resep Makanan Bayi Sehat Sesuai Umur – Inilah penjelasannya

Resep makanan bayi sehat mungkin menjadi permasalahan tersendiri bagi para ibu muda yang baru dianugerahi seorang bayi. Terkadang ibu masih belum banyak mengetahui tentang menu makanan bayi sehat yang cocok dengan kebutuhan gizinya. Pemberian makanan pada bayi Selain berguna buat tambahan gizi yang tepat bagi pertumbuhannya tapi, juga merangsang motorik pada mulut bayi yang disesuaikan dengan usianya.

Resep Makanan Bayi

Resep makanan bayi sehat merupakan makanan pendamping Air susu ibu yang mulai diberikan saat bayi mulai berumur 6 bulan. Pada umur ini, bayi sudah mulai membutuhkan gizi tambahan selain Air susu ibu. Selain itu, pemberian menu makanan bayi sehat ini  buat memperkenalkan berbagai macam makanan sehat buat melatih sistem pencernaan dan fungsi kekebalan tubuhnya.

Berikut ini, menu makanan bayi sesuai usia :

1. Bayi umur 6 bulan

Pada tahap awal perkembangan bayi 6 bulan, disarankan buat mengenalkan tekstur makanan yang encer terlebih dahulu. contohnya : biskuit yang dilembutkan dengan air atau bubur susu. Pemberian makanan tersebut diberikan dengan intensitas yang bertahap, contohnya pada minggu pertama hanya 1 kali sehari kemudian minggu ke 2 menjadi 2 kali sehari, yang sesuai dengan kemampuan bayi .

2. Bayi Umur 7 sampai 8 Bulan

Kemudian pada umur 7 bulanan, bayi dapat mulai diperkenalkan pada makanan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) contohnya : nasi tim saring kemudian, semakin lama nasi tim tanpa disaring selama bertahap .

Pilihan jenis sayur dan manfaat buah yang dapat diberikan seperti : asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, brokoli, mangga, blewah, timun suri, peach. Kemudian buat menambah gizi pada makanan bayi, dapat pula ditambahkan unsur pada fungsi protein seperti : daging ayam, sapi, hati ayam/sapi, ikan, tahu, tempe, telur.

3. Bayi Umur 9 sampai 10 Bulan

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+ (Serta Penjelasannya)

Sistem Kekebalan Tubuh Manusia (Sistem Imun) – Inilah penjelasannya