in

Mau Nikah, Apakah Kamu Sudah Siap Secara Finansial? Ketahui Jawabannya Berikut Ini

Ada orang yang takut untuk menikah karena merasa masih kurang mampu secara finansial. Faktanya memang menikah tak hanya cukup bermodal cinta, tapi perlu dukungan finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karena itu, penting artinya untuk mengukur kemampuan finansial kamu sebelum memutuskan untuk menikah.

Untuk mencari tahu, berikut lima hal yang harus kamu perhatikan :

  1. Bisa mengelola dan berkomitmen terhadap rencana keuanganmu sendiri

Sebelum bekerja sama dengan mitra keuangan, yaitu pasanganmu kelak, kamu harus dapat menangani masalahmu sendiri terlebih dahulu.

Memiliki pasangan seumur hidup berarti berusaha meringankan beban atau kesulitan satu sama lain.

Paling tidak, kamu harus disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat untuk pengeluaran yang tetap, memiliki dana terpisah untuk investasi, mendukung dana lain untuk peningkatan gaya hidup, dan punya dana untuk hobi yang tidak akan mengganggu tabungan. Kamu bahkan dapat mengajak pasangan untuk mulai mengatur rencana keuangannya sendiri.

  1. Tidak masalah berbagi biaya dengan orang lain

Sejujurnya, ada orang-orang yang tidak nyaman berbagi pengeluaran dengan orang lain. Tidak semua orang merasa nyaman ada orang lain yang membayar setengah dari tagihan mereka, terutama untuk sesuatu yang dipakai pribadi.

Ada banyak alasan untuk ini, mulai dari ketidakpercayaan hingga rasa bangga terhadap pencapaian. JIka kamu termasuk dalam kelompok ini, diskusikan sebelum membicarakan pernikahan. Karena situasi di mana ini menjadi penting pasti akan muncul.

  1. Jangan biarkan uang berpengaruh besar dalam hubungan

Ada banyak kasus pasangan bercerai karena masalah uang. Ini bisa disebabkan oleh salah urus anggaran, masalah utang rahasia, kurangnya pendapatan dari satu orang atau keduanya, atau lebih banyak tanggung jawab keuangan, mungkin karena keluarga besar.

Dalam pernikahan, kamu harus siap untuk menerima dan berbagi beban dengan pasangan. Paling tidak baik untuk bisa membantunya membicarakan masalah yang mungkin dia hadapi.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Cerita Haru Risma, Sujud ke Dokter hingga Mencium Kaki Takmir Masjid

Pengertian Internet dan Intranet, Serta Perbedaanya