in

Kucing Ikonik Penghuni Hagia Sophia

KUCING merupakan hewan menggemaskan yang disukai bahkan dipelihara oleh banyak orang. Kucing juga merupakan salah satu hewan yang disayangi Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, banyak muslim yang juga menyukai hewan berbulu lembut yang satu ini.

Salah satu negara muslim di Eropa, yakni Turki, bahkan memberikan perhatian khusus terhadap kucing.  Bahkan, di bangunan bersejarah Hagia Sophia di Kota Istanbul, Turki, terdapat seekor kucing ikonik.

Kucing yang tinggal di Aya Sophia ini bernama Gli. Namanya mengandung arti ‘Cinta yang menyatu’.

Arkeolog bernama Defne Bali, yang sudah lama bekerja di Hagia Sophia, telah menjadi ibu bagi Gli, tepatnya sejak 2004.

Gli adalah kucing berbulu lebat berwarna coklat hitam dengan mata yang menyala berwarna hijau. Gli punya satu saudara laki-laki yakni Pati dan seorang saudara perempuan Kızım. Ibu yang melahirkan mereka adalah Sofi. Sayangnya, saudara laki-lakinya Pati sudah meninggal.

Salah satu petugas di Hagia Sophia yakni Bilgen Deveci awalnya memilih nama Gri (dalam bahasa Inggris artinya ‘Abu-abu’), namun karena kelucuan dan mata sipit kucing tersebut akhirnya dinamai Gli.

Ia juga memilih nama Kızım untuk saudara perempuan Gli. Ketika dia masih kecil, Kızım pergi di bawah salah satu maksures di Hagia Sophia dan diam di sana untuk sementara waktu.

“Kami menyelamatkannya kemudian karena dia terus mengeong, namun selama dua tahun terakhir dia tampak selalu tenang,” kata Bilgen Deveci, seperti dikutip dari Hagia Sophia Turkey, Sabtu (25/7/2020).

Gli hanya memiliki satu anak kucing sepanjang hidupnya. Seekor kucing hitam legam cantik bernama Karakız yang mengalami kecelakaan karena tertabrak bus tur. Dia sementara tinggal di dokter hewan karena punggungnya patah.

Gli menjadi populer ketika Presiden Turki Recepp Tayyip Erdogan dan kemudian Barack Obama membelainya.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Promo Diskon di Bawah Rp 99.000, Cek Waktu Indonesia Belanja Tokopedia

Windows 10 lag parah

Cara Mengatasi Windows 10 Lag Parah Setelah Diupgrade