in ,

Jokowi Happy, Akhirnya Ada Relokasi Pabrik China Cs ke RI

Presiden Jokowi mengungkapkan akan ada potensi relokasi pabrik-pabrik dari China sebanyak 119 perusahaan. Saat ini, readyviewed Indonesia sudah kelimpahan relokasi pabrik dari China , Jepang, dan Korea. Jokowi pun merasa senang.

“Saya senang hari ini sudah ada yang masuk 7. Udah pasti ini yang 7. Kemudian ada 17 yang memiliki komitmen besar sudah masuk ke 60 persen hampir 100 persen,” kata Jokowi saat meninjau kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6).

Namun, sebanyak 7 pabrik itu belum dipastikan apakah seluruhnya relokasi ke kawasan industri Batang, atau tempat lainnya di Indonesia. Sebanyak 17 perusahaan yang berniat relokasi ke Indonesia dengan total investasi US$ 37 miliar, dengan serapan tenaga kerja 112.000 orang.

Salah satu perusahaan telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi 9,8 miliar US, potensi penyerapan kerja 14.000 orang.

Jokowi tak ingin peristiwa kegagalan Indonesia meraih limpahan relokasi pabrik dari China. Tahun lalu sebanyak 33 pabrik relokasi, tak satu pun yang masuk Indonesia.

“Ini juga terus saya sampaikan pada para menteri dan Kepala BKPM dilayani dan dikejar. Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan urusan izin, urusan listrik, gas dan lain-lain yang ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia,” katanya.

Berikut daftar 7 perusahaan yang memastikan relokasi ke Indonesia

PT Meiloon Technology Indonesia
Relokasi pabrik dari Suzhou, China. Pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global

PT Sagami Indonesia
Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China

PT CDS Asia (Alpan)
Relokasi pabrik dari Xiamen, China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibanding tarif 25% dari China ke Amerika

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Kinerja Tak Memuaskan dan Tak Punya Back Up Politik, Posisi Terawan di Kabinet Jokowi Terancam

Kian Tajir di Tengah Pandemi, Ini 15 Orang Paling Kaya di Indonesia Terbaru