in , , ,

Cerita Mang Oleh, Pemilik Odading Rasa “Iron Man”, Jualan 30 Tahun, Viral Usai Divideo Teman Anaknya

Cerita Mang Oleh, Pemilik Odading Rasa "Iron Man", Jualan 30 Tahun, Viral Usai Divideo Teman Anaknya

Kuliner khas Bandung, odading dan cakue Mang Sholeh (Oleh) kini ramai diperbincangkan masyarakat.

Dalam video dengan gaya nyeleneh yang viral di media sosial, disebutkan memakan odading membuat orang-orang merasa sebagai ‘Iron Man’.

Sang pemilik, Mang Oleh menuturkan, kisah di balik bisnis makanan yang ternyata telah digelutinya selama puluhan tahun itu.

Berjualan odading selama 30 tahun

Ilustrasi odading atau roti bantal goreng khas Bandung.
Ilustrasi odading atau roti bantal goreng khas Bandung. (SHUTTERSTOCK/AAN ANH)

Kue odading Mang Oleh berlokasi di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat. Rupanya menjual odading dan cakue memang sudah 30 tahun digelutinya.

“Saya sudah dagang selama 30 tahun ini,” kata Mang Oleh. Rupanya, sudah sejak dulu odading Mang Oleh dikenal. Hanya saja, ketenarannya tidak seperti saat ini.

Oleh bahkan berceita, sebelum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden, SBY kerap mampir ke warung Mang Oleh untuk membeli odading. “Pak SBY sama Bu Ani sering nongkrong di sini sebelum jadi presiden. Memang sudah jadi langganan,” kata dia.

Tak hanya itu, rupanya odadingnya pernah menjadi santapan ketika Presiden Amerika George W Bush datang ke Indonesia. Kemudian, sejumlah selebritis pun pernah datang ke warungnya. “Pernah juga dipesan oleh Istana Negara untuk menyambut George Bush.

Pemeran sinetron Preman Pensiun juga sering mampir ke sini. Pak Bondan Maknyus juga pernah mampir. Hotel juga ambil barang dari sini, tapi enggak seramai sekarang,” tutur Oleh.

“Dulu yang kerja di sini cuma dua orang. Sekarang semua anak saya ikut bantu,” ujar dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan hadiah berupa gawai kepada Ade Londok setelah viral mempromosikan Odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan hadiah berupa gawai kepada Ade Londok setelah viral mempromosikan Odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).(KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI)

Dipromosikan teman anaknya dengan gaya khas, awalnya sempat keberatan

Belakangan, teman dari anak Mang Oleh yang bernama Ade Londok datang dan membuat sebuah video mengenai odadingnya.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Kode Redeem Pubg Mobile 17 September 2020

News!! Kode Redeem Pubg Mobile 17 September 2020, Gratis Hadiah Terbaru

Syekh Ali Jaber Ditikam, UAS Disarankan Ajak Jago Silat Buat Antisipasi

Syekh Ali Jaber Ditikam, UAS Disarankan Ajak Jago Silat Buat Antisipasi