in , ,

BLT Desa Lanjut di 2021, Keluarga Dapat Rp 300 Ribu Tiap Bulan

BLT Desa Lanjut di 2021, Keluarga Dapat Rp 300 Ribu Tiap Bulan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melanjutkan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa pada 2021. BLT Desa diberikan sebesar Rp 300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“BLT Desa diberikan sebesar Rp 300.000 per bulan untuk setiap KPM mulai mulai Januari hingga Desember 2021,” demikian seperti dikutip dari APBN KITA Kemenkeu pada Selasa (19/1/2021).

KPM yang menerima BLT Desa setidaknya harus memenuhi kriteria keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan, serta bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai, dan bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

Adapun penyaluran dana desa hingga akhir Desember 2020 telah terealisasi sebesar Rp71,10 triliun atau 99,87 persen dari pagu Perpres 72/2020. Jumlah tersebut dinilai menunjukkan adanya perbaikan dibandingkan penyaluran dana desa yang telah diterima Rekening Kas Desa (RKD) di periode yang sama 2019, yaitu sebesar 98,87 persen dari pagu alokasi.

Mengenai mekanisme penggunaan dana desa 2021 ada dua pembagian yaitu untuk keperluan penyaluran BLT Desa (prioritas), dan membiayai kegiatan lain di luar BLT Desa.

Berdasarkan keterangan dari Kemenkeu, Kepala Desa tidak dapat menyalurkan BLT Desa apabila tidak terdapat calon KPM BLT Desa yang memenuhi kriteria.

Pemerintah desa wajib menganggarkan dan melaksanakan kegiatan BLT Desa. Selain itu juga wajib melaporkan realisasi BLT Desa.

Ibu Hamil dan Anak Sekolah Kini Dapat Bansos Tunai, Cek Besarannya

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) di 2021. Bansos ditujukan demi membantu masyarakat menghadapi dampak pandemi Covid-19. Ternyata, ibu hamil dan anak sekolah masuk dalam bagian bansos ini.

Mengutip laman resmi kemensos, Kamis (14/1/2021), terdapat 3 bansos yang disalurkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, mulai 4 Januari 2021.

“Kementerian Sosial mempercepat penyaluran bansos untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19,” tulis Kemensos melalui akun instagram resminya.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Yes Rp 1,2 Juta Masuk Rekening, Ini Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Cair di Semua Bank

BLT Emak-Emak Cair, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Mau Ditransfer Bantuan Rp 2,4 Juta Buruan Daftar Online dan Masukkan Nomor KTP

Mau Ditransfer Bantuan Rp 2,4 Juta Buruan Daftar Online dan Masukkan Nomor KTP