in

5 Jenis Bantuan Pemerintah Bagi Warga saat PPKM Darurat

Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan Bali untuk menangani penyebaran kasus covid-19 mulai 3-20 Juli mendatang.

Aktivitas dan mobilitas masyarakat pun dibatasi. Berbagai aturan dibuat, seperti melarang sektor non-esensial buka pada periode tersebut dan kerja dari rumah (WFH) 100 persen untuk karyawan di luar sektor mendesak.

Oleh karenanya, pemerintah memberikan beberapa bantuan untuk warga selama PPKM Darurat berlangsung. Berikut adalah daftar bantuan dari pemerintah untuk warga selama PPKM Darurat:

Baca juga: Bantuan PKH dan Kartu Sembako Cair Juli Buat 3 Bulan

  1. Diskon Listrik Rumah Tangga

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut diskon listrik untuk pelanggan PLN yang sejatinya berakhir pada Juni lalu kembali diperpanjang hingga September.

Diskon diberikan untuk pelanggan listrik rumah tangga (RT) berdaya 450 VA dan 900 VA. Namun, diskon yang diberikan 3 bulan ke depan lebih kecil dari sebelumnya.

Bila sebelumnya pelanggan 450 VA digratiskan, kini pelanggan dikenakan biaya 50 persen dari tagihan. Sedangkan sisanya digratiskan sebanyak 50 persen. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA, diskon diturunkan dari 50 persen menjadi 25 persen.

  1. Stimulus Rekening Minimum dan Abodemen Usaha

Selain meringankan beban listrik warga, pemerintah juga memberikan insentif untuk pengusaha di sektor industri, bisnis, dan sosial.

Pemerintah memberikan bantuan stimulus rekening minimum dan biaya beban/abonemen untuk 1,1 juta pengusaha. Bila sebelumnya abonemen dan rekening minimum dibayar pemerintah alias gratis, kini pengusaha dibebankan 50 persennya.

  1. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Menteri Sosial Tri Rismaharini akan menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Rp300 ribu per bulan per penerima kepada masyarakat saat penerapan PPKM Darurat.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

11 Aplikasi Penghasil Dollar Terbaru dan Terdaftar di OJK 2021

11 Aplikasi Penghasil Dollar Terbaru dan Terdaftar di OJK 2021

Buruan Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan dari Pemerintah Lewat Bank BRI, BNI dan Mandiri

Pinjaman Rp 100 Juta Tanpa Agunan dari Bank BRI Masih Tersedia, Cepetan Begini Cara Dapetinnya