in

10+ Contoh Curriculum Vitae (CV) Lamaran Kerja yang Benar

Dalam melamar sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi, salah satu syarat mutlak yang sangat dibutuhkan yaitu sebuah daftar riwayat hidup.

Jadi didalam surat lamaran kerja anda harus atau wajib mencantumkan daftar riwayat hidup anda di setiap akan melamar pekerjaan.

Dengan adanya daftar riwayat hidup ini maka perusahaan akan dengan mudah mengetahui riwayat perlajanan hidup si pelamar kerja, mulai dari pendidikan, prestasi, pengalaman kerja atau yang lainnya.

Daftar riwayat hidup ini disebut juga dengan curriculum vitae (cv), jadi dalam bahasa inggrisnya disebut curriculum vitae dan dalam bahasa indonesianya disebut biodata atau daftar riwayat hidup. 

Daftar riwayat hidup ini disebut juga dengan curriculum vitae (cv), jadi dalam bahasa inggrisnya disebut curriculum vitae dan dalam bahasa indonesianya disebut biodata atau daftar riwayat hidup.

Dalam pembuatan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (cv) ini bisa ditulis manual dengan tangan atau juga bisa diketik dengan komputer atau laptop.

Apabila anda melamar pekerjaan lewat email maka daftar riwayat hidup ini dikirim dalam bentuk word document (.doc).

Berikut ini merupakan hal penting yang wajib anda cantumkan dalam membuat daftar riwayat hidup:

  1. Identitas diri
    Identitas diri ini disebutkan sedetail mungkin mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan lain – lain.
  2. Riwayat pendidikan
    Mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah kita tempuh. Mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Riwayat pendidikan ini biasanya terdiri dari 2 kategori yaitu Pendidikan Formal dan Pendidikan Non-formal (jika ada).
  3. Pengalaman kerja dan pengalaman organisasi
    Jika sebelumnya kita sudah pernah bekerja, tidak ada salahnya jika kita mencantumkan riwayat pengalaman kerja kita. Namun apabila kita belum pernah bekerja, alangkah baiknya jika kita mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah kita ikuti. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri untuk kita.
  4. Keahlian khusus
    Cantumkan juga keahlian khusus yang kita miliki, tentu saja keahlian khusus yang dimaksud di sini adalah keahlian khusus yang berkaitan dengan pekerjaan atau posisi yang kita inginkan. Biasanya seorang HRD perusahaan akan melihat daftar keahlian khusus ini sebagai bahan pertimbangannya.

Bagi anda yang sedang bingung bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang benar, berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh daftar riwayat hidup sebagai bahan refensi anda :

Contoh CV / Daftar Riwayat Hidup Sudah Pernah Bekerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Cara Membuat Akun Baru Mobile Legends Di IOS Tanpa Perlu Resetting

7+ Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya